rss
email
twitter
facebook

Tuesday, October 16, 2012

Contoh Kasus SCM

Diskusi SCM Pada Perusahaan Biskuit Kaleng

Untuk produk biskuit kaleng yang dipasarkan di pasar lokal dan juga ke beberapa negara tetangga, perusahaan apa sajakah yang terlibat sehingga anda bisa membeli produk tersebut di sebuah supermarket?

Poo+ merupakan produk biscuit kaleng yang akan di jual di dalam negeri dan luar negeri. Dalam pembuatan produk biskuit Poo+ ini di libatkan distributor bahan baku untuk memunuhi kebutuhan pembuatan biskuit, seperti:

  • Gula :  di dapat dari petani tebu yang telah di proses oleh pabrik menjadi gula.
  • Coklat : di dapat dari petani biji coklat yang telah di prose oleh pabrik menjadi coklat.
  • Terigu : di dapat dari petani gandum yang telah di prose oleh pabrik menjadi terigu.
  • Kacang : di dapat dari petani kacang.
  • Telur : di dapat dari peternak ayam untuk diambil telur-nya.
  • Susu : di dapat dari peternak sapi untuk diambil susu-nya.
  • Margarine : di dapat dari pabrik margarine.

Semua bahan baku yang telah di dapat dari distributor bahan baku nantinya akan di proses pabrik pembuatan biscuit.

Setelah biscuit telah jadi proses pengemasan dilakukan di pabrik yang berbeda, sedangkan proses pemasaran dilakukan oleh distributor luar negeri yang telah bekerja sama dengan mitra bisnis yang berada disana dan dalam negeri yang akan disalurkan ke toko, supermarket, dan minimarket sehingga konsumen dapat menikmati produk tersebut.

Gambarkan supply chain dari produk ini.



                                  (click gambar diatas untuk memperbesar gambar)

SEVERAL CRITICAL QUESTIONS

• Where do you source your materials?
(Dimana kamu mendapatkan bahan baku?)
Bahan baku didapatkan dari distributor bahan baku yang sudah diolah oleh pabrik dari hasil petani dan peternak.

• Where do you process or convert them? 
(Di mana Anda memproses atau mengkonversi produk tersebut?)
Dilakukan di beberapa pabrik yang telah kami atur dalam SCM diatas.

• What channels of distribution do you use?
(Apa saluran distribusi yang Anda gunakan?)
Distribusi yang kami lakukan dengan menjual produk kami di dalam negeri maupun di luar negeri yang disalurkan ke toko, supermarket, dan minimarket dengan tujuan memudahkan konsumen mendapatkan produk kami.

• How do you build a strong relationship with your suppliers and customers?
(Bagaimana Anda membangun hubungan yang kuat dengan pemasok dan pelanggan Anda?)
Dengan memberikan keuntungan yang jelas sesuai dengan kesepakatan yang telah di setujui baik dari pihak distributor bahan baku, sedangkan untuk konsumen kami memberikan harga yang relatif murah di bandingkan produk biscuit yang telah ada.

• How do you get direct information from your end-consumers?
(Bagaimana Anda mendapatkan informasi langsung dari Anda akhir-konsumen?)
Kami memperkerjakan beberapa orang untuk mengetahui respon konsumen seperti kritik, saran, dan keinginan konsumen di beberapa supermarket untuk meningkatkan kualitas baik pada produk dan pelayanan kami. 

• What logistics structure should you impose?
(Apa struktur logistik harus Anda terapkan?)
Bahan baku dan proses pengemasan merupakan hal yang terpenting dalam meningkatkan kualitas produk ini.

• How do you coordinate your information flows and systems globally?
(Bagaimana Anda mengkoordinasikan arus informasi dan sistem secara global?)
Kami memiliki patner atau mitra bisnis di setiap Negara yang menjual produk kami sehingga kami dapat melihat informasi dan system yang dipakai oleh produk kami di luar negeri.

• And how do you set up incentive systems for all of your partners in the supply chain to optimize overall performance?
(Dan bagaimana Anda menyiapkan sistem insentif untuk semua mitra Anda dalam rantai pasokan untuk mengoptimalkan kinerja secara keseluruhan?)
Kami telah membuat jadwal pemasokan produk setiap bulannya untuk menghindari kurangnya pasokan di negara lain yang membuat kurang optimal dalam kinerja penjualan.


Muhammad Reza Adriansyah
13109299
4KA16

No comments:

Post a Comment