rss
email
twitter
facebook

Sunday, March 10, 2013

Pertanyaan SIG: No 1

Definisi Sistem Informasi?

Barry  E.  Cusing  (983,  dalam  Riasetiawan,  2007) mendefinisikan sistem informasi sebagai : An organized means of colleting, entering and processing data, and of storing, managing, controlling and reporting information so that an organization can achieve its objectives and goal.   
Sementara itu Gelinas, Oram dan Wiggins (1990 dalam  Riasetiawan ,2007) mendefinisikan  sistem informasi sebagai:  A man made system that generally consists of an integrated set of computer-based and manual components establish to collect, store , and manage data, and to provide out put information to users .
Dari definisi-definisi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem informasi adalah suatu cara yang terorganisir mengumpulkan, memasukan dan memproses data, mengendalikan, dan menghasilkan informasi dengan berbasis proses manual atau Komputer untuk mencapai sasaran dan tujuan organisasi.
         Keberhasilan suatu sistem informasi yang diukur berdasarkan maksud pembuatannya, bergantung pada tiga faktor utama yaitu: keserasian dan mutu data, pengorganisasian data dan tata cara penggunaannya ( Cook, 1977 dalam Notohadiprawiro, 2006).

No comments:

Post a Comment